Sabtu, 14 Februari 2015

Kisah Perjalanan Kegiatan Pesantren Ramadhan di PPNH



 Judul                     : Laporan Singkat Kegiatan Pesantren Ramadhan
Tempat                                : Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bandung, Kebumen
Waktu                   : Rabu, 24 Juli 2013 s/d Sabtu, 27 Juli 2013
Santri                    : Siswa kelas 8 SMPN 1 Poncowarno

Hari Rabu, 24 Juli 2013 pukul 08.00 siswa kelas VIII sudah berkumpul di sekolah untuk berangkat menuju pondok pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen. Setelah truk mengantar kelas VII, kini giliran kelas VIII. Yang pertama naik ke truk kelas VIII A, B, C, D putri, lalu VIII E, F, G, H putri, dan kelas VIII A, B, C, D, putra lalu VII E, F, G, H putra. Setelah semua naik, truk mulai berjalan. Dari atas truk, kami melihat hamparan sawah yang luas dan angin yang sejuk membuat kami bersemangat. Tak terasa ternyata truk sudah sampai di pasar Sruni, truk belok ke kiri memasuki sebuah desa yang jalannya berliku-liku, tak lama kemudian truk memasuki sebuah gapura berwarna hijau bertuliskan "Selamat Datang di Pondok Pesantren Nurul Hidayah", itu artinya kami sudah sampai di tujuan.

Setelah turun dari truk, kami disuruh menaiki tangga menuju lantai dua untuk mencari kamar yang akan kami tempati selama empat hari. Tak lama kemudian acara pembukaan dimulai, dalam acara pembukaan itu juga dilakukan sambutan-sambutan, pembacaan undang-undang / peraturan-peraturan Pondok Pesantren Nurul Hidayah sekaligus penutupan. Pukul 12.00 kami shalat zuhur berjamaah. Setelah shalat zuhur, kami istirahat sebentar dan pukul 13.00 kami berkumpul di ruang aula atas untuk memulai pelajaran fiqih. Fiqih kali ini mempelajari tentang pengertian wudhu dan fardu wudhu. Setelah pelajaran fiqih selesai kami kembali ke kamar masing-masing, sesampainya di depan kamar kami melihat kakak pondok yang berjualan aksesoris seperti cincin, gelang, kalung, bros, dll. Kami melihat-lihat aksesoris itu, jika kami merasa suka langsung kami membelinya. Pukul 14.30 pelajaran tauhid dimulai. Tauhid hari ini tentang sifat wajib Allah swt. Pukul 15.30 pelajaran tauhid selesai, kami langsung mandi. Kami mandi dengan cepat agar pada waktunya shalat ashar tidak ketinggalan. Saat waktu shalat selesai, kami segera mengambil air wudhu dan shalat ashar berjamaah. Selesai shalat ashar kami beristirahat sampai pukul 17.00. Pukul 17.00 waktunya diskusi kelompok. Diskusi kelompok hari ini tentang puasa.
Pukul 17.40 diskusi kelompok selesai, tak lama kemudian adzan maghrib berkumandang. Kami berkumpul di kamar masing-masing sambil duduk melingkar menunggu makanan dibagikan. Setelah semua anak mendapat makanan, kami membaca doa berbuka puasa dan doa sebelum makan bersama. Kami membuka bungkusan makanan itu, ternyata lauknya ayam, kami langsung menyantapnya tetapi ternyata ayam itu tidak ada rasanya (hambar), jadi banyak makanan yang tidak habis. Setelah berbuka puasa, kami bersiap-siap untuk shalat maghrib. Di depan aula putri kami melaksanakan shalat isya dan shalat tarawih.
Saat sedang menunggu adzan isya, anak laki-laki bermain petasan, mereka melempar petasan ke berbagai arah. Suara petasan membuat ramai di malam itu, tiba-tiba salah satu petasan yang akan meledak terpental ke dekat tempat shalat kami, serentak kami langsung berteriak kaget dan menjauh dari petasan itu sambil menutup telinga masing-masing.
Saat adzan isya berkumandang, suara petasan mulai menghilang. Semua anak laki-laki masuk ke masjid untuk melaksanakan shalat isya dan shalat tarawih. Setelah shalat tarawih selesai, kami kembali ke kamar masing-masing.
pukul 22.30 kami berkumpul di ruang aula putri untuk materi praktek shalat, praktek shalat hari ini tentang wudhu. Pukul 22.00 praktek shalat selesai, kami kembali ke kamar masing-masing untuk tidur. Kami tidur dengan nyenyak.
Kamis, 25 Juli 2013 kami bangun pukul 02.00 untuk shalat tahajud. Kami segera mengambil wudhu lalu shalat tahajud berjamaah. Setelah shalat tahajud selesai, kami makan sahur. Makanan sahur dengan makanan berbuka ternyata berbeda. Kalau saat berbuka tidak ada rasanya, tapi saat sahur terasa gurih dan lebih enak. Kami menghabiskan makanan itu dengan cepat. Saat waktunya shalat subuh, kami segera mengambil air wudhu dan shalat subuh berjamaah, tak berapa lama setelah shalat subuh ada pelajaran baca Al-Quran. Pukul 06.30 kami baru selesai, sekarang waktunya mandi, tapi tak sedikit juga yang tidak mandi.
Pukul 08.00 kami mengambil air wudhu untuk shalat dhuha di aula putri. Setelah shalat dhuha, kami beristirahat di kamar masing-masing. Setelah satu jam kemudian, kami berkumpul di aula putri untuk materi pengajian akhlak. Saat pengajian akhlak, kami merasa ngantuk karena kurang tidur. Setelah pengajian akhlak selesai, kami kembali ke kamar masing-masing. Sesampainya di kamar, kami langsung tidur agar pelajaran berikutnya tidak ngantuk lagi. Kami tidur tidak terlalu lama, pukul 11.45 kami mengambil air wudhu untuk shalat dzuhur berjamaah. Setelah shalat dzuhur, pukul 13.00 kami berkumpul di ruang aula putri atas untuk memulai pelajaran fiqih.
Fiqih hari ini tentang tata cara mendatangi hajat. Pelajaran yang kemarin juga diulang hari ini. Fiqih selesai pukul 14.00, setengah jam kemudian kami kembali berkumpul di ruang aula putri untuk pelajaran tauhid. Tauhid hari ini tentang sifat-sifat Allah swt. Pukul 15.30 tauhid selesai, kami kembali ke kamar masing-masing untuk mengambil peralatan mandi. Kami mandi dengan terburu-buru karena sebentar lagi waktunya shalat ashar. Setelah mandi kami mengambil air wudhu. Adzan ashar sudah berkumandang, kami segera menuju ruang aula putri. Setelah shalat ashar selesai, kami istirahat dan juga bermain.
Pukul 05.00 bel berbunyi, kami bersiap-siap untuk diskusi kelompok. Diskusi kelompok hari ini tentang tauhid dan tentang seruan alam kubur. Setelah diskusi kelompok selesai, kami diperbolehkan keluar dari kamar. Setelah menaruh buku dan alat tulis, kami segera mendatangi kakak pondok yang menjual es, gorengan, dan makanan ringan lainnya. Tak lama kemudian, adzan maghrib berkumandang, kami segera kembali ke kamar masing-masing, lalu duduk dengan rapi. Setelah semua anak mendapat satu bungkus nasi dan satu aqua gelas, kami membaca doa doa berbuka puasa dan doa sebelum makan bersama-sama. Setelah berbuka puasa, kami segera mengambil air wudhu dan menuju ruang aula putri untuk melaksanakan shalat maghrib. Tak berapa lama setelah shalat maghrib, adzan isya berkumandang, kami bersiap-siap untuk shalat isya dan tarawih. Setelah shalat isya dan tarawih selesai, kami kembali ke kamar masing-masing untuk menunggu pukul 20.30. Setelah pukul 20.30, kami menuju ruang aula putri untuk pelajaran praktek shalat. Praktek shalat hari ini masih mencatat teori, teorinya tentang sunat-sunat shalat. Pukul 22.00 praktek shalat selesai, kami kembali ke kamar masing-masing untuk tidur.
Jumat, 26 Juli 2013 kami dibangunkan kakak pondok pukul 02.00 untuk shalat tahajud, kami segera mengambil air wudhu dan menuju ruang aula putri. Setelah shalat tahajud, kami kembali ke kamar masing-masing. Karena kami merasa masih mengantuk, jadi kami tidur lagi. Beberapa menit kemudian, kami dibangunkan untuk sahur setelah sahur kami melaksanakan shola subuh berjamaah…….
Dan di pagi harinya kami melakukan penutupan/ perpisahan dengan para masyayikh dan para santri PPNH, setelah itu kami  pulang dengan di jemput truk…. J
 Udah dulu ya dari saya…… salam silaturahim

0 komentar:

Posting Komentar