Sabtu, 05 Mei 2018

Profil Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen



PONDOK PESANTREN SECARA UMUM
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam, sejak peninggalan walisongo, di tempat ini para santri belajar dan mendalami ilmu – ilmu agama Islam, pesantren memiliki orientasi pengabdian, dakwah dan pemberdayaan masyarakat, menuju kehidupan yang lebih baik, pesantren bukan hanya saja mengajarkan pendidikan agama semata, namun juga menjadi kontrol dalam kehidupan bersosial, baik di kota besar, maupun di pedesaan.



SEKILAS TENTANG PONDOK PESANTREN “NURUL HIDAYAH” (PPNH)
PONDOK PESANTREN “NURUL HIDAYAH” (PPNH) adalah salah  satu di antara sekian nama Pondok Pesantren yang tercatat di Kabupaten Kebumen yang jumlah ± 125 pondok pesantren pada tahun 2018 M. secara geografis Pondok Pesantren “Nurul Hidayah” terletak di kota Kebumen, tapatnya di dukuh su’ada, desa Bandung, Kec/Kab Kebumen, sekitar 6 km ke arah timur dari pusat kota kebumen.
secara resmi Ponpes Nurul Hidayah berdiri pada tahun 1992 M, yang di prakarsai oleh beliau Romo KH Kholawi Mahasin yang juga sebagai pengasuh sampai sekarang ini, dan di dukung sepenuhnya oleh masyarakat setempat yang berfikir bahwa pentingnya sebuah lembaga pendidikan islam yang bernama Ponpes. karena pesantren merupakan lembaga pendidikan alternatif yang bisa menerima semua lapisan masyarakt tanpa memandang status sosial-ekonomi.
Dalam keberadaannya PPNH seperti pondok pesantren salaf lainnya, mempunyai banyak titik persamaan, merupakan lembaga mandiri non departemen. kendati dalam usianya yang masih relatif muda, namun secara fisik sudah banyak mengalami perkembangan, terlihat dari tahun ke tahun selalu bertambah gedung asrama yang kesemuanya di bangun dua lantai. begitu juga pada jumlah santri yang ada, walaupun sering terjadi drop-out, akan tetapi tingkat populasinya selalu bertambah dari tahun ketahun. hingga sekarang tercatat 300 orang santri dan 200-an santri jolok (santri yang tidak ikut menetap di asrama). ada beberapa faktor yang menjadi penunjang lebih pesatnya perkembangan ppnh bandung, diantaranya adalah faktor geografis yang tidak begitu jauh dari pusat kota, alam sekitar, baik berupa pertukangan, ternak, serta jahit menjahit. karena untuk lingkungan desa bandung sangat terkenal dengan home industri seperti peci dan tas dan lain sebagainya. dan faktor yang paling dominan adalah bersatunya para kyai dan beberapa alumni pesantren setempat, sehingga mampu melestarikan apa yang diwariskan oleh rosululloh saw dengan membangun pesantren sebagai perwujudan dan itba’ bissalafinnasis sholih yaitu Menghidup-hidup agamanya Alloh SWT.
PPNH yang diasuh oleh 4 (empat orang kyai dan para ustadz/dzah sebagai staf pengajar, mengikuti madzhab syafi’i dengan mengajarkan ilmu nahwu, shorof, tafsir al-qur’an, fiqih, dan tauhid sebagai kajian utama.
Wal hasil setiap mutakhorijin/alumni ppnh diharapkan bisa menjadi santri yang populis, agamis, berakhlakul karimah, berketerampilan dan berpengetahuan.
VISI
-          Islami, Berprestasi, Mandiri, Berakhlakul Karimah
Misi
-          Mendidik santri agar menjadi generasi bangsa yang cerdas dan meiliki pengetahuan yang luas
-          Mendidik santri agar meiliki bekal keterampilan dalam hidup
-          Mendidik santri secara seimbang antara pengetahuan agama dan pengetahuan umum
-          Mendidik santri agar menjadi generasi yang memiliki aqidah yang kokoh serta berakhlakul karimah
Sistem Pendidikan PPNH
-          MADISNUH (Madrasah Diniyah Nurul Hidayah)
-          PDF (Pendidikan Diniyah Formal)
-          Madila (Madrasah Diniyah Lailiyah)
-          Tadarus Al - Qur’an
-          Setoran Nadhoman
-          Sorogan Kitab Kuning
-          Bandungan
-          Mujahadah
-          Syawir
-          Lalaran
-          Praktik ibadah
Mingguan
-          Mujahadah yasin + al kahfi
-          Ziarah
-          Reboan


Extra
-          Tilawatul Al – Qur’an
-          Hadroh
-          Barzanji
-          Da’i/Khitobah
Tahunan
-          Haflah
-          Ziarah walisongo
-          Lomba –lomba
-          Kilatan ramadhan
-          Paripurna santri safari Da’i
Wirausaha
-          Konveksi peci
-          Konveksi tas
-          Pertukangan
-          Produksi tempe
-          Produksi tahu
-          Pertokoan
-          Pertanian
-          Peternakan ayam petelur
-          Peternakan kambing
-          Peternakan Lele

0 komentar:

Posting Komentar