Jumat, 13 Februari 2015

Profil Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen

     
     Pondok pesantren “Nurul Hidayah” ( PPNH ) adalah salah satu diantara sekian banyak nama pondok pesantren yang tercatat di Kabupaten Kebumen, Pondok Pesantren ”Nurul Hidayah” terletak di Desa Bandung, Rt. 04 Rw. 02 Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. secara resmi Pondok Pesantren Nurul Hidayah berdiri sejak tahun 1992 M. yang didirikan oleh beliau Bp. K. H. Kholawi Mhs. atas dasar rasa tanggung jawab sosial kemasyarakatan sarta dukungan Masyarakat setempat yang berfikir jauh tentang pentingnya sebuah lembaga pendidikan agama sesuai dengan syariat Islam yang berhaluan Ahlussunah Wal Jama`ah  dengan sistem salafiyah.

                Masayikh Pondok Pesantren Nurul Hidayah di antaranya adalah Romo K.H. Kholawi Mahasin, Romo K.H. Abdul Qodir Jaelani, Romo K.H. Mohamad Yusuf , Romo K. Ahmad Dahlan Al-Hafizd dan masih banyak Ustazd/ah lain.

Pondok pesantren Nurul Hidayah merupakan salah satu lembaga sosial keagamaan yang mana kehadirannya telah diakui sebagai sebuah Lembaga Pendidikan yang lebih memfokuskan pada bidang kajian Tafaqquh Fiddin serta sebagai wahana pencetak generasi-generasi muda penerus cita-cita Pendahulu,mengembangkan kemampuan dasar Santri menjadi Muslim yang taat beribadah dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nusa bangsa dan agama,terwujudnya lulusan Madrasah Diniyah yang berakhlaqul karimah, beretos kerja tinggi, berfikir kritis terhadap perkembangan peradaban Islam.
Adapun dasar tujuan didirikannya Pendidikan Pon-Pes Nurul Hidayah adalah mengukuhkan Agama Allah SWT, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, membentuk masyarakat muslim yang madani, mencerdaskan kehidupkan Bangsa dan membangun manusia seutuhnya (Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur) yaitu : Manusia yang beriman dan bertaqwa, serta sebagai wahana pencetak generasi-generasi muda penerus cita-cita Pendahulu,mengembangkan kemampuan dasar Santri menjadi Muslim yang taat beribadah dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nusa bangsa dan agama,terwujudnya lulusan Madrasah Diniyah yang berakhlaqul karimah, beretos kerja tinggi, berfikir kritis terhadap perkembangan peradaban Islam serta sebagai wahana pencetak generasi-generasi muda penerus cita-cita Pendahulu,mengembangkan kemampuan dasar Santri menjadi Muslim yang taat beribadah dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nusa bangsa dan agama,terwujudnya lulusan Madrasah Diniyah yang berakhlaqul karimah, beretos kerja tinggi, berfikir kritis terhadap perkembangan peradaban Islam
berbudi pekerti yang mulia, kesadaran untuk mengamalkan nilai- nilai Agama, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang benar dan mantap, mandiri, sederhana serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi juga sekaligus ikut berpartisipasi mensukseskan pembangunan Nasioanal khususnya dalam bidang Pendidikan.
Atas dasar itulah Pendidikan yang berlangsung di Pondok Pesantren Nurul Hidayah diselenggarkan. Pendidikan Pesantren tersebut mempunyai Maqoshid yang ingin dicapai oleh sebuah Pesantren, searah denganini dari tujuan-tujuan Pendidikan Pondok Pesanren Nurul Hidayah yaitu melahirkan generasi muslim yang bertaqwa, berpengetahuan yang tinggi, berakhaqul karimah. Hal ini Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah menguraikan jutuan-tujuan Pendidikan Pesantren sebagai berikut :
  1. Membentuk dan mencetak serta mengembangkan generasi Islam yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, tangguh, terampil, mandiri, sederhana dan berakhlaqul karimah
  2. Memberdayakan dan mengembangkan SDM dibidang keagamaan, pendidikan, ketrampilan, kebudayaan dan IPEK
  3. Amar ma’ruf nahi munkar dan menegakkan ajaran Islam dengan Berhaluan Ahlissunah Wal Jama’ah
Walhasil, tercapainya tujuan Pendidikan dan pembinaan  Pondok Pesantren Nurul Hidayah tersebut dapat terlihat pada pola dan tingkah laku Santri selama berada dilingkungan Pondok Pesantren serta pada kesemangatan dan motifasi dalam melaksanakan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari ditengah-tengah masyarakat.